REVIEW: First Man (2018), Film Biografi Neil Amstrong - LanggaFilm

Kamis, 01 Agustus 2019

REVIEW: First Man (2018), Film Biografi Neil Amstrong


Artikel kali ini akan mereview mengenai film biografi dari Amerika Serikat yakni First Man. Film yang digarap berdasarkan buku First Man: Life of Neil A. Amstrong karya James R. Hansen.

Film ini disutradarai oleh Damien Chazelle dan film ini ditayangkan perdana pada Festival Film Venesia 29 Agustus 2018. Ryan Gosling sebagai pemeran utama dan berperan sebagai Neil Amstrong di film ini.

Film yang berdurasi sekitar 138 menit ini cukup menengangkan untuk ditonton. Bagaimana jika kita berada di posisi Neil Amstrong saat itu dengan segala tekanan, tetapi dia tetap harus menjalankan misinya.

Uji coba Neil saat menerbangkan roket X-15 cukup baik, tetapi saat pendaratan. Pesawatnya mengalami kecelakaan dan karena itu Neil harus diskors. Masalah lain yang menimpa ketika anaknya Karen mengalami tumor otak.


Hingga akhirnya Karen meninggal, tentu itu menganggu pikiran Neil Amstrong. Walapun begitu, Neil mendaftarkan diri pada Proyek Gemini dan diterima oleh NASA Astronout group 2.

Bersama dengan istri dan kedua anaknya, Neil pindah dan menetap di Houston bersama keluarga Astronout lainnya. Neil Amstrong menjadi kapten untuk pesawat Gemini 8 bersama Dave Scott. Sebelum misi dimulai, 2 rekannya tewas dalam pesawat T-38.

Neil dan Dave berhasil meluncur dengan pesawat Gemini 8 dan juga berhasil berlabuh di pesawat luar angkasa Agena. Namun, peristiwa yang tidak diinginkan terjadi dan terpaksa Neil membatalkan misinya dan kehilangan Agenanya.

Lagi lagi ketika uji coba plug-out, 3 rekan astronout Neil yang berada di kru Apollo 1 tewas karena kebakaran di pesawat itu. Neil yang saat itu sedang berada di Gedung Putih untuk mewakili NASA.

Setahun kemudian, Neil dipilih untuk memimpin misi Apollo 11 dan ini merupakan misi pendaratan manusia pertama di bulan. Konflik Neil dengan Jane istrinya cukup membuat kita emosional juga. Jane mengatakan mungkin saja Neil tidak bisa kembali dalam misi ini.


Neil tetap pergi dan misinya berhasil! Apollo 11 berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya! Semua Kru, keluarga, bahkan masyarakat dunia kagum. Ini merupakan peristiwa bersejarah pada saat itu.

Ending yang cukup tenang, dimana Neil dan Jane bertemu di tempat karantina Neil Asmtrong. Cocok untuk mengisi waktu luang Anda, karena film ini cukup lama juga ya. Tetapi, benar-benar kita merasakan bagaimana kehidupan Neil Amstrong pada saat itu. Overall good kok, cuss tonton aja!

Rating Saya : 8/10
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done